PROFIL

SELAYANG PANDANG

Pondok Pesantren Al-Islam adalah Lembaga Pendidikan yang  mengembangkan Sistem Pendidikan melalui  pembelajaran yang terdiri dari Pendidikan Hafalan Al-Qur’an dan Hadits, Pelajaran Diniyah serta pelajaran Pengetahuan Umum Penunjang dengan mengintegrasikan nilai-nilai Islam dalam seluruh muatan dan kegiatan pendidikannya.

===============================================================================

VISI DAN MISI

VISI

Mewujudkan generasi muslim yang Sholeh dan Sholehah, Berilmu serta Berakhlaq Mulia

MISI

  • Menyelenggarakan pendidikan berbasis nilai-nilai agama, berdasarkan Al-Qur’an dan As-Sunnah dengan pemahamaman Salaful-Ummah
  • Menanamkan kecintaan, pemahaman, pengamalan dan perhatian yang mendalam terhadap Al-Qur’an dan As-Sunnah sebagai landasan hidup sejak dini
  • Meningkatkan kompetensi peserta didik dalam penguasaan dan peningkatan ilmu agama dan ilmu pengetahuan yang mendukung
  • Mewujudkan suasana yang kondusif dalam upaya mengembangkan pembelajaran yang menyenangkan guna menghasilkan peserta didik yang mencintai ilmu agama dan bersemangat untuk beramal sholih dalam kehidupan sehari-hari.

===============================================================================

KURIKULUM

Pondok Pesantren Al-Islam memadukan dan mengembangkan Kurikulum Umum Pendidikan Kerajaan Saudi Arabia (Muqoror) untuk Pendidikan Diniyah serta mengembangkan isi/kurikulum Pemerintah Republik Indonesia (Kementerian Agama dan Diknas) untuk pelajaran umum yang kemudian disusun ulang secara lokal.

 

1) Muatan Diniyah

Muatan Diniyah yang telah dimodifikasi serta disesuaikan dengan Visi dan Misi lembaga terbagi menjadi menjadi 7 aspek, yaitu:

Al-Qur’an | Aqidah | Akhlak | Fikih | Bahasa Arab | Sirah | Hadits

Sehingga pelajaran diniyah menjadi pelajaran yang aplikatif dalam kehidupan sehari-hari dengan berpedoman kepada pemahamam Salafus Sholih. Dengan alokasi waktu pembelajaran yang banyak diharapkan peserta didik mendapatkan pemahaman yang cukup memadai untuk bekal kehidupan mereka dunia dan akherat.

Aspek esensial pengembangan Kurikulum Diniyah adalah pengembangan standar isi dan standar kompetensi anak didik dalam perilaku keagamaan seperti praktik ibadah, baca tulis al-Qur’an, hafalan al-Qur’an dan hafalan Hadits.

 

2) Muatan Umum

Dalam pelajaran umum Ma’had Al-Islam mengadopsi kurikulum Kementerian pendidikan Nasional dengan disusun ulang secara lokal untuk menyelaraskan dengan kaidah/nilai-nilai keislaman. Adapun pelajaran yang diberikan teridiri dari :

Bahasa Indonesia | Bahasa Sunda | Matematika |  IPA |  |IPS | Keterampilan | Olahraga